Bagaimana Memilih Makanan Sehat?

Kita dapat mendorong orang untuk melakukan penyesuaian yang sehat terhadap diet mereka dengan teknik perilaku sederhana, kata para peneliti Australia.

Sebagian besar dari kita tahu jenis makanan apa yang harus kita makan untuk mengoptimalkan kesehatan kita. Dan membantu menghindari penyakit gaya hidup seperti obesitas. Dan penyakit jantung. Tetapi kita tidak berpegang teguh pada diet ideal kita.

Sebagian alasannya adalah produsen dan pengecer makanan menghabiskan banyak uang. Untuk memengaruhi pilihan makanan kita menuju makanan yang lebih mahal dan diproses. Jenis yang kita makan terlalu banyak. Tetapi beberapa hal dapat dilakukan untuk mendorong makan sehat.

Akademisi dari Monash University di Melbourne baru-baru ini meninjau penelitian yang menyelidiki bagaimana mempromosikan makan sehat ketika makan di luar. Ulasan tersebut menemukan bahwa memanipulasi lingkungan di area makan dan berbelanja. Serta beberapa teknik perilaku, dapat membuat pilihan yang sehat lebih mungkin.

Orang-orang di Selandia Baru dan Australia tidak cukup makan buah atau sayuran. Dan terlalu banyak dari kita yang kelebihan berat badan. Pilihan diet kami adalah dua dari tiga kontributor teratas terhadap beban penyakit di Australasia.

Informasi Aktivitas

Manusia mendapatkan sejumlah besar informasi dari mengamati orang-orang di sekitar mereka, dan penting bagi kita untuk menyesuaikan diri.

Kami melakukan ini dan memahami bagaimana bertindak dengan memperhatikan bahasa, postur, dan aktivitas orang lain. Ini adalah model atau norma sosial. Dan kami mendapatkan informasi tentang apa itu diet normal dengan melihat apa yang dimakan orang lain.

Ini sangat kuat sehingga ketika kita melihat orang makan makanan sehat dalam ukuran porsi kecil. Kita lebih cenderung memilih makanan berkalori rendah dalam porsi lebih kecil. Ini berarti kita dapat memengaruhi keluarga kita, termasuk anak-anak kita (dan mungkin bahkan remaja!) Dan kolega kita, untuk makan lebih baik sambil menuai manfaat dari makan sendiri dengan lebih baik.

Organisasi seperti rumah sakit, kantin staf, dan sekolah juga dapat memanfaatkan kekuatan norma sosial. Dengan menampilkan makanan sehat dengan ukuran yang sesuai sebagai pilihan normal. Dan menyenangkan yang dibuat oleh orang-orang seperti kita.

Untungnya, tanggung jawab produsen makanan untuk memberikan pengukuran energi yang terkandung dalam makanan yang mereka hasilkan sudah mapan.

Bukti Nyata

Sayangnya, ada bukti jumlah kilojoule tidak memengaruhi orang untuk membuat pilihan kilojoule yang lebih rendah ketika mereka muncul di menu. Tampaknya angka kilojoule dan jumlah kalori terlalu abstrak untuk mempengaruhi kebanyakan orang.

Apa yang tampaknya berhasil adalah menerjemahkan angka-angka itu ke dalam sistem penilaian yang berarti. Penghitungan kilojoule lebih efektif jika kita mengaitkannya dengan sesuatu yang nyata.  Seperti jumlah menit dari latihan spesifik yang perlu dilakukan seseorang untuk mematikan energi dalam makanan.

Misalnya, membuat orang sadar bahwa butuh dua jam berjalan untuk membakar sekaleng soda. Dapat mendorong mereka untuk membuat pilihan yang lebih sehat.

Organisasi apa pun yang menyediakan makanan dapat menggunakan metode ini, yang bisa diterapkan pada makanan, camilan. Dan minuman yang dijual untuk dimakan, dibawa pergi, atau bahkan di mesin penjual otomatis.

Ukuran Piring

Meskipun ada bukti yang baik, norma sosial dan label yang nyata mempengaruhi perilaku makan sehat saat makan di luar. Tidak setiap metode untuk mendorong pilihan sehat itu efektif.

Penelitian telah mengusulkan memilih piring. Atau garpu yang lebih kecil mendorong orang untuk makan lebih sedikit. Tampaknya logis bahwa makanan akan tampak lebih besar. Jika itu di piring yang lebih kecil.

Tetapi ketika diuji secara eksperimental, teknik ini tidak bekerja secara konsisten. Ketika berhasil, itu hanya bekerja pada mereka yang sudah memiliki berat badan yang sehat.

Sisi baiknya, ini adalah pengingat tepat waktu mengapa upaya. Untuk mengubah perilaku harus didasarkan pada bukti dan juga diuji di lapangan. Ketika sesuatu terdengar seperti itu bekerja, dan memiliki jalur pengaruh yang logis sehingga kami mengerti bagaimana itu akan bekerja. Itu masih mungkin tidak berfungsi di lapangan.

Posisi Strategis

Sudah lama ada asumsi bahwa meningkatkan ketersediaan atau memanipulasi penempatan makanan sehat di tempat-tempat seperti supermarket. Dan kafetaria akan membuat konsumen membuat pilihan yang lebih baik. Teknik ini disebut ” arsitektur makanan ” dan logikanya masuk akal. Karena pemasar telah menggunakan prinsip-prinsip penempatan produk untuk mendorong kita untuk membeli produk tertentu. Dan menghabiskan lebih banyak uang untuk waktu yang lama. Tetapi bisakah kita mengasumsikan prinsip yang sama untuk penempatan makanan sehat?

Meskipun ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa memanipulasi bagaimana makanan diposisikan di toko dapat meningkatkan penjualan pilihan yang lebih sehat. Fakta bahwa kita masih terus dibombardir dengan produk-produk alternatif. Dan pertimbangan seperti biaya membuatnya tidak mungkin bahwa penempatan saja akan mempengaruhi pilihan kita. .

Sebuah tinjauan baru-baru ini dari studi ke dalam arsitektur makanan menyimpulkan. Bahwa sementara penempatan makanan sehat memang menunjukkan harapan untuk meningkatkan pilihan makanan sehat. Kita masih perlu belajar lebih banyak tentang bagaimana itu benar-benar mempengaruhi tingkat diet dan obesitas.

Memanipulasi Orang

Bahkan jika teknik ini efektif, apakah etis untuk mempengaruhi perilaku makan orang tanpa sepengetahuan mereka? Para peneliti dan pembuat kebijakan memang memikirkan etika memengaruhi orang.

Dalam kehidupan kita sehari-hari, kita mengalami banyak upaya untuk mempengaruhi kita, dari kebijakan pemerintah hingga pemasaran dan periklanan. Bahkan cuaca mempengaruhi keputusan kita.

Bekerja untuk mengubah perilaku orang, juga disebut ” dorongan ” dan ” arsitektur pilihan ” oleh peneliti dan pemerinta. Hanya mengubah elemen ruang di sekitar kita yang dapat mendorong kita untuk membuat pilihan tertentu. Itu tidak mengambil keputusan di luar kendali kami.

Dan kesempatan untuk mendukung orang menjadi lebih sehat tanpa biaya lebih banyak, menghukum mereka. Atau mengambil salah satu dari pilihan mereka, terlalu bagus untuk dilewatkan.