Overnight Oat: Manfaat untuk Kesehatan, Penurunan Berat Badan, dan Resepnya

Bertentangan dengan kepercayaan populer, Overnight oat memiliki penggabungan manfaat kesehatan bagi tubuh dan bekerja sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Bahkan jika Anda baru mengenal seluruh dunia kebugaran, kemungkinan salah satu hal pertama yang Anda dengar adalah manfaat makan gandum. Tidak hanya untuk kesehatannya tetapi juga bagaimana membantu menurunkan berat badan. Oat adalah makanan sarapan serbaguna yang dapat disesuaikan dengan selera sesuai keinginan konsumen. Rasanya sama briliannya dengan buah-buahan seperti halnya dengan garam dan rempah-rempah. Aspek lain yang meningkatkan kredibilitas kebugaran gandum adalah merendamnya semalaman untuk dikonsumsi keesokan harinya. Bertentangan dengan kepercayaan populer, Overnight oat memiliki penggabungan manfaat kesehatan bagi tubuh dan bekerja sangat baik untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana Overnight Oat Menyehatkan?

Overnight Oat telah menjadi tren baru yang panas di seluruh dunia karena kandungan serat dan nutrisinya yang tinggi. Bahkan lebih dari pada rekan yang dimasak. Saat direndam semalaman, pati yang ada dalam oat secara alami dipecah dan lebih banyak nutrisi diserap oleh oat selama perendaman. Asam yang ada dalam oat juga terurai semalaman dan ini menghasilkan pencernaan yang lebih baik. Karena teksturnya yang lembek, lebih mudah dikonsumsi di pagi hari. Yang terpenting, Overnight oat membantu meningkatkan insulin yang ada di tubuh Anda, yang membantu mengatur diabetes tipe 2.

Bagaimana Overnight Oat Membantu Anda Menurunkan Berat Badan?

Oat secara keseluruhan bermanfaat bagi semua orang yang ingin menurunkan berat badan ekstra. Oat rendam semalaman memiliki kandungan serat yang sangat tinggi, yang membuat perut Anda terisi untuk waktu yang lebih lama. Bahkan membantu membersihkan saluran pencernaan Anda. Kandungan pati resisten tinggi menjamin pembakaran lemak lebih cepat dan meningkatkan kadar insulin tubuh. Overnight Oat juga membantu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik. Oat juga dikenal dapat memberikan keajaiban bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi. Overnight Oat berfungsi sebagai makanan cepat saji dengan persiapan minimal. Tidak hanya bergizi tetapi juga membuat makanan yang lezat.

Bagaimana Cara Membuat Overnight Oat?

Ada banyak resep di seluruh internet untuk Anda pilih, sesuai dengan selera Anda. Sederhananya, oat perlu direndam dalam cairan selama 7-8 jam, sebelum dikonsumsi. Anda bisa menggunakan susu, air, almond atau santan atau bahkan dadih. Setelah dibiarkan semalaman, mereka bisa disajikan keesokan paginya dengan berbagai buah dan kacang. Jika Anda lebih suka rasa yang lebih gurih, Anda dapat merendamnya di salah satu cairan yang disebutkan di atas. Dan menambahkan ‘ghee’, garam, dan rempah-rempah sesuai keinginan. Ini resep yang enak untuk dicoba.

Overnight Oat Selai Kacang: Resep oleh Minimalist Baker

Bahan

GANDUM

  • 1/2 cangkir susu almond tawar tanpa pemanis (atau susu bebas susu lainnya, seperti kelapa, kedelai, atau rami!)
  • 3/4 sdm biji chia
  • 2 sdm selai kacang asin alami atau selai almond (lembut atau garing//atau selai kacang atau biji lainnya)
  • 1 sdm sirup maple (atau gula kelapa, gula merah organik, atau stevia secukupnya)
  • 1/2 cangkir gandum gulung bebas gluten (yang terbaik adalah gandum gulung, vs. potongan baja atau masakan cepat saji)

TOPPING (opsional)

  • Irisan pisang, stroberi, atau raspberry
  • Tepung biji rami atau biji chia tambahan
  • Granola

Instruksi

  • Ke stoples atau mangkuk kecil berpenutup, tambahkan susu almond, biji chia, selai kacang. Dan sirup maple (atau pemanis lainnya) dan aduk dengan sendok agar tercampur. Selai kacang tidak perlu benar-benar tercampur dengan susu almond (dengan begitu, selai kacang dapat dinikmati keesokan harinya).
  • Tambahkan oat dan aduk beberapa kali lagi. Kemudian tekan dengan sendok untuk memastikan semua oat telah dibasahi dan direndam dalam susu almond.
  • Tutup rapat dengan penutup atau segel. Dan masukkan ke dalam lemari es semalaman (atau selama minimal 6 jam) untuk mengeras/merendam.
  • Keesokan harinya, buka dan nikmati apa adanya atau hiasi dengan topping yang diinginkan (lihat opsi di atas). Lihat lebih banyak saran rasa/topping dalam posting blog di atas!
  • OPSIONAL: Anda juga bisa memanaskan oat di dalam microwave. Selama 45-60 detik (pastikan ada cukup ruang di bagian atas toples untuk mengembang dan mencegah luapan). Atau pindahkan oat ke dalam panci dan panaskan dengan api sedang sampai dihangatkan. Tambahkan lebih banyak cairan sesuai kebutuhan jika oat terlalu kental/kering.
  • Overnight Oat akan disimpan di lemari es selama 2-3 hari, meskipun paling baik dalam 12-24 jam pertama menurut pengalaman kami. Tidak ramah freezer.