8 Manfaat Luar Biasa Aprikot (Khubani): Nutrisi Kelas Berat di Antara Buah-buahan

Salah satu buah yang paling serbaguna, pengetahuan umum mengklaim bahwa aprikot awalnya dibudidayakan di Cina, sampai orang Persia menemukannya.

Salah satu buah yang paling serbaguna, pengetahuan umum mengklaim bahwa aprikot awalnya dibudidayakan di Cina, sampai orang Persia menemukannya. Ada juga yang membantah bahwa itu berasal dari Armenia karena buahnya telah dibudidayakan di sana sejak zaman kuno. Ketika buah itu menemukan jalan ke Mediterania, popularitas sebenarnya terungkap. Para penjelajah Spanyol diberi penghargaan karena telah memperkenalkan buah tersebut ke Amerika, di mana saat ini buah itu tumbuh subur. Dan ada aliran pemikiran lain yang mengklaim bahwa aprikot tumbuh di India pada tahun 3000BC. Perselisihan di samping, manfaat aprikot jarang ditolak oleh siapapun.

Faktanya, ini populer mentah seperti saat dimasak. Versi kering dari buah ini disukai secara global, dan faktanya merupakan bagian penting dari perdagangan global Iran. Negara-negara seperti Turki, Italia, Rusia, Spanyol, Yunani, AS, dan Prancis dianggap sebagai produsen utama aprikot. Buah berdaging oranye kekuningan ini adalah hal kecil yang cukup membuat penasaran. Bulu-bulu kecil di kulit luar memberikan tekstur berbulu lembut, dan bisa dimakan tanpa harus dikupas. Ini juga salah satu buah tersehat di dunia, dengan banyak manfaat. Dikatakan bahwa 100 gram aprikot segar memberi Anda 12% vitamin C, 12% vitamin A. Dan 6% kalium yang dibutuhkan oleh tubuh. Semuanya di bawah kurang dari 50 kalori. Karena itu, mari kita pelajari tentang manfaat aprikot.

Berikut 8 Manfaat Aprikot (Khubani) Menakjubkan yang Perlu Anda Ketahui:

1. Sumber Vitamin A yang Baik

Aprikot dikemas dengan Vitamin A, yang juga dikenal sebagai retinol. Ini larut dalam lemak, dan membantu dalam peningkatan penglihatan, antara lain. Dan itu menjaga sistem kekebalan tubuh , melindungi kulit Anda dalam prosesnya. Retinol dan Beta Karoten (juga ada dalam aprikot) juga mengurangi kemungkinan Anda  kelainan mata yang serius yang disebut Neovaskular ARMD. Degenerasi makula terkait usia yang menyebabkan hilangnya penglihatan selama bertahun-tahun.

2. Kaya Serat

Baik Anda memakannya dalam keadaan kering atau segar, aprikot adalah sumber serat makanan yang baik . Mengingat retinol dalam aprikot larut dalam lemak, buah ini mudah larut di dalam tubuh. Dan nutrisi penting mudah diserap oleh sistem. Hal itu memecah asam lemak dengan cepat, yang berarti pencernaan Anda teratur. Dan tidak hanya itu, buah ini melindungi Anda dari masalah gastrointestinal dengan membersihkan usus secara teratur.

3. Baik untuk Jantung Anda

Mengingat buah ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini membantu mengurangi kandungan kolesterol jahat dalam tubuh, dan itu berarti jantung Anda terlindungi. Dan pada saat yang sama, itu meningkatkan kolesterol baik. Ditambah kandungan kalium dalam buah ini menyeimbangkan kadar elektrolit dalam sistem kita, menjaga otot jantung kita tetap teratur. Yang harus Anda lakukan adalah makan satu atau dua buah aprikot segar setiap hari, atau segenggam aprikot kering.

4. Peti Harta Karun Antioksidan

Aprikot matang adalah sumber antioksidan alami . Ketika dikonsumsi setiap hari, ini membantu tubuh membuang racun yang cenderung kita kumpulkan dari waktu ke waktu. Antioksidan pada gilirannya juga membunuh radikal bebas yang merusak sel kita.

5. Baik untuk Darah Anda

Setiap produk tanaman yang mengandung zat besi memiliki zat besi non-heme, dan itu termasuk aprikot. Jenis zat besi ini membutuhkan waktu untuk diserap oleh tubuh. Dan semakin lama berada di dalam sistem, semakin besar peluang Anda dalam mencegah anemia. Dianjurkan agar Anda mengambil beberapa vitamin C bersamanya untuk memastikan penyerapan zat besi non-heme yang lebih baik.

6. Baik untuk Kulit

Kombinasi Vitamin C, A, dan fitonutrien memastikan kulit yang baik. Dan tahukah Anda bahwa antioksidan pada aprikot juga memperlambat proses penuaan ? Jadi, selain dari perawatan kulit yang baik, jangan lupa makan aprikot setiap hari.

7. Ramah Diet

Serat makanan dalam buah meningkatkan sistem pencernaan Anda, yang membantu meningkatkan metabolisme Anda. Dan sering kali disarankan agar Anda makan beberapa buah aprikot sebagai camilan saat Anda merasa lapar. Terutama jika Anda sedang diet. Ini membuat Anda kenyang tetapi tidak menambah kalori yang tidak perlu . Namun, ingatlah untuk berkumur setelah makan versi kering. Buah kering mengandung lebih banyak gula, dan Anda tidak ingin itu memengaruhi kesehatan gigi Anda.

8. Memperkuat Tulang Anda

Kalsium sangat dibutuhkan dalam pembentukan dan perkembangan tulang, dan aprikot memiliki banyak kandungan itu. Yang juga menarik untuk diketahui bahwa tanpa cukup kalium dalam tubuh, kalsium tidak akan terserap dan dibuang secara seragam. Dan kabar baiknya adalah aprikot memiliki keduanya!

Nilai Nutrisi Aprikot

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, satu porsi aprikot 100 gram memiliki 48 kalori, 1,40 gram protein. 0,39 gram lemak, 11,12 gram karbohidrat, 2 gram serat, dan 9,20 gram gula.

Bagaimana Menambahkan Aprikot ke Diet Anda?

Seperti kebanyakan buah yang enak, aprikot bisa dimakan dengan berbagai cara. Versi kering dan segar adalah yang termudah. Tapi Anda juga bisa memotong aprikot dan menambahkannya ke sereal pagi Anda. Anda bahkan dapat mencampurkannya dengan yoghurt dan membuat saus atau olesan untuk roti. Itu jika Anda tidak keberatan dengan sandwich yang manis. Aprikot juga sering digunakan dalam selai dan pengawet. Dan jika Anda bisa menemukan resep yang menggunakan sedikit atau tanpa gula, Anda bisa memakannya tanpa merasa terlalu bersalah. Tart aprikot, pai, remah, dan kue sangat populer. Tetapi tahukah Anda bahwa Anda juga bisa menggunakan aprikot untuk menambah rasa ekstra (dan tentu saja kesehatan) pada salad Anda? Buahnya cocok dengan daun hijau, feta, dan almond. Dan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan salad hanyalah sedikit saus balsamic !