15 Resep Sehat yang Bisa Anda Masak Bersama Anak Anda

Dengan banyak sekolah yang sekarang ditutup karena wabah COVID-19 saat ini. Anda mungkin mencari kegiatan untuk membuat anak-anak Anda tetap aktif, terlibat, dan terhibur.

Meskipun banyak aktivitas dapat membuat anak-anak sibuk, memasak adalah salah satu pilihan terbaik, karena menyenangkan dan mendidik.

Memasak dapat membantu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan koordinasi mata-tangan mereka. Meningkatkan kepercayaan diri, dan bahkan meningkatkan kualitas diet dengan mendorong asupan buah dan sayuran.

Resep Sehat

Namun, penting untuk memilih resep yang sesuai dengan usia dan menetapkan tugas dapur yang aman untuk dilakukan anak Anda.

Misalnya, anak yang sangat kecil dapat membantu dengan mencuci sayuran, mengaduk bahan, dan memotong bentuk. Dengan pemotong kue, sementara anak yang lebih besar dapat melakukan tugas yang lebih rumit, seperti memotong dan mengupas.

Berikut 15 resep sehat yang bisa Anda buat bersama si kecil.

1. Oat semalam

Oatmeal adalah hidangan oatmeal yang Anda siapkan sebelumnya dan dinginkan semalaman – tanpa perlu memasak.

Pilihan sarapan bergizi yang dibuat sebelumnya tidak hanya dapat menghemat waktu Anda. Tetapi memilih hidangan yang dapat dibuat sendiri oleh anak-anak juga. Dapat membantu anak Anda bersemangat menyiapkan makanan sehat.

Oat semalam sederhana dan cocok untuk segala usia. Plus, mereka mudah untuk dipersonalisasi, memungkinkan anak-anak untuk menjadi kreatif. Dan mencoba berbagai topping padat nutrisi seperti beri, kacang-kacangan, kelapa, dan biji-bijian.

Cobalah resep mudah yang disetujui anak ini bersama anak Anda. Mereka dapat berpartisipasi dengan mengukur, menuangkan, dan memotong bahan, tergantung usia mereka. Biarkan anak Anda meramaikan oat mereka dengan memilih topping mereka sendiri.

2. Yoghurt pops stroberi dan melon

Kebanyakan anak menyukai buah, itulah sebabnya yogurt stroberi dan melon bisa menjadi camilan yang sempurna.

Stroberi dan blewah sama-sama mengandung serat, vitamin C, dan folat, vitamin B yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan

Mencelupkan buah ke dalam yogurt yang mengandung protein meningkatkan kandungan nutrisinya dan meningkatkan perasaan kenyang.

Resep mudah ini cocok untuk anak-anak dari segala usia. Anak-anak dapat memotong buah, mencelupkannya ke dalam yogurt, dan menggeser buah ke batang es loli, tergantung usia mereka.

3. Satu mangkuk roti pisang

Banyak resep roti pisang membutuhkan beberapa langkah yang dapat membuat dapur Anda berantakan.

Khususnya, resep sehat ini hanya membutuhkan satu mangkuk dan ramah anak.

Ini tinggi protein, serat, dan lemak sehat berkat tepung almond, telur, dan tepung rami. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat si kecil kenyang di antara waktu makan.

Ditambah lagi, keripik cokelat hitam dan pisang memberi sedikit rasa manis pada roti ini.

Mintalah anak Anda menghaluskan pisang, takar bahan-bahannya, dan lipat chocolate chip ke dalam adonan. Setelah keluar dari oven, mereka bisa menambahkan selai kacang ke atas irisannya untuk menambah protein.

4. Semut di batang kayu

Semut di atas batang kayu, yang menggabungkan seledri renyah. Mentega kacang yang halus atau tebal, dan kismis yang manis dan kenyal, adalah camilan klasik bagi banyak anak.

Yang Anda butuhkan hanyalah tiga bahan dasar itu, meskipun Anda juga bisa membumbui semuanya. Biarkan anak Anda terlibat dengan mengoleskan selai kacang favorit mereka ke seledri. Dan taburkan topping yang menyenangkan, seperti kepingan cokelat, granola, dan buah segar atau kering, ke “batang kayu”.

Jika anak Anda alergi kacang, Anda bisa mengisi seledri dengan keju cottage, krim keju. Atau bahkan alpukat tumbuk agar lebih gurih.

Resep ini menawarkan banyak variasi semut di log yang pasti akan menyenangkan bahkan bagi pemakan yang paling pemilih sekalipun.

5. Guacamole

Alpukat adalah salah satu makanan tersehat yang bisa Anda makan. Mereka adalah sumber lemak sehat, serat, dan mikronutrien yang sangat baik. Seperti kalium, folat, dan vitamin C dan E (7Trusted Source).

Ditambah lagi, teksturnya yang lembut dan lembut bisa menjadi hit di kalangan anak-anak. Terutama jika dibuat menjadi guacamole dan dipasangkan dengan keripik tortilla atau stik veggie.

Guacamole sangat mudah dibuat dan dapat dimodifikasi tergantung selera anak Anda. Misalnya, Anda bisa menambahkan sayuran seperti bawang bombay dan tomat ke dalam campuran, serta bumbu segar seperti ketumbar.

Anak-anak dapat bersenang-senang dengan menumbuk alpukat dengan alat penghancur genggam atau lesung dan alu kuno.

Berikut resep guacamole ramah anak yang akan disukai seluruh keluarga Anda.

6. Pizza terong mini

Resep pizza terong mini ini sangat ideal untuk anak-anak dan orang tua.

Ini menggunakan terong sebagai pengganti adonan pizza sebagai alasnya, yang dapat membantu meningkatkan asupan sayur anak Anda.

Anak-anak dari segala usia dapat berpartisipasi dengan mengoleskan saus tomat di bagian terong dan di atasnya diberi keju. Pemakan yang lebih suka berpetualang dapat bereksperimen dengan berbagai topping seperti zaitun atau ikan teri.

7. Smoothie hijau yang ramah anak

Smoothie adalah cara terbaik untuk memperkenalkan lebih banyak buah, sayuran, dan bahan sehat lainnya ke dalam makanan anak Anda.

Resep smoothie hijau ini dimaniskan secara alami dengan buah beku. Dan mengandung lemak dan protein yang sehat dari tambahan bergizi seperti yogurt Yunani dan alpukat.

Ditambah lagi, sayuran segar memberikan warna yang memikat pada smoothie ini.

Anak-anak Anda dapat membantu dengan mencuci dan memotong bahan dan menambahkannya ke dalam blender.

8. Lumpia pelangi

Meskipun banyak anak tidak menyukai sayuran, menawarkan sayuran kepada anak-anak Anda. Dengan cara yang menyenangkan dan menarik dapat membuat mereka lebih ingin mencoba makanan baru.

Kertas beras tembus pandang yang digunakan untuk menyiapkan lumpia memungkinkan bahan warna-warni di dalamnya bersinar. Memberikan makanan atau camilan yang menarik secara visual untuk anak-anak. Selain itu, lumpia mudah dibuat dan sangat serbaguna.

Anak-anak Anda dapat membantu dengan menggunakan spiralizer untuk membuat untaian sayuran. Yang panjang dan tipis, melapisi bahan-bahan dalam cangkang kertas beras, dan mencampurkan saus celup yang lezat.

Wortel, zucchini, dan mentimun merupakan pilihan yang baik untuk membuat spiral. Jika mau, Anda bisa menambahkan sumber protein seperti ayam atau udang agar gulungan lebih mengenyangkan.

9. Gigitan adonan kismis chocolate chip yang tidak dipanggang

Jika Anda mencari camilan manis untuk anak Anda yang tidak dikemas dengan tambahan gula. Dan bahan buatan, cobalah resep gigitan adonan kue chocolate chip ini.

Itu sarat dengan bahan-bahan sehat seperti mentega almond, santan, dan kismis dan dimaniskan dengan madu dan keripik cokelat hitam.

Selain itu, tidak perlu dipanggang, hanya menggunakan satu mangkuk, dan hanya membutuhkan waktu 10 menit untuk menyiapkannya. Anak-anak bisa membantu dengan mengaduk bahan dan membentuk bola-bola adonan.

10. Pai apel dalam toples

Resep nikmat ini menggunakan bahan-bahan seperti tepung almond, telur, madu, apel, dan minyak kelapa. Untuk menciptakan camilan ukuran camilan yang manis namun padat nutrisi.

Sementara sebagian besar makanan penutup mengandalkan bahan-bahan olahan. Seperti tepung putih dan minyak sayur, pai apel mini ini jauh lebih sehat.

Anak-anak dapat melempar dengan menggulung adonan menjadi bola-bola individu, mengaduk bahan, dan menyusun stoples pai.

11. Omelet sayuran

Anak-anak bisa belajar banyak tentang memasak dengan membuat omelet. Plus, mereka dapat disesuaikan dan dikemas dengan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan.

Misalnya, telur sering dianggap multivitamin alami karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Termasuk kolin, zat besi, dan vitamin A, B12, dan E, yang semuanya penting untuk kesehatan anak-anak.

Menambahkan sayuran berwarna seperti paprika dan sayuran hijau semakin meningkatkan nilai gizi omelet.

Terlebih lagi, anak-anak cenderung menikmati memecahkan telur, mengocok bahan, dan menggoreng kreasi mereka di atas kompor. Anak yang lebih besar bahkan bisa ditugaskan membuat omelet sendiri dari awal hingga akhir.

12. Kerupuk keju yang sehat

Beberapa makanan ringan populer yang dipasarkan untuk anak-anak, seperti kerupuk keju, sarat. Dengan bahan tambahan seperti minyak yang tidak sehat, pengawet, serta perasa dan pewarna buatan.

Meski begitu, Anda dan anak Anda bisa membuat alternatif camilan sehat di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang sederhana dan bergizi.

Resep kerupuk keju ini hanya menggunakan empat bahan, termasuk keju Cheddar asli dan tepung gandum utuh. Anak-anak Anda bisa memotong adonan menjadi bentuk-bentuk yang menyenangkan sebelum Anda memanggangnya.

13. Stoples salad warna-warni

Membuat stoples salad warna-warni bersama anak Anda adalah cara terbaik untuk memotivasi anak agar makan lebih banyak sayuran.

Jika anak Anda pilih-pilih makan, membuat sayuran lebih menarik secara visual dan memberikan anak Anda kesempatan. Untuk mencobanya dapat meningkatkan asupan sayuran mereka.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa anak-anak lebih menyukai sayuran manis daripada yang pahit. Jadi mencampurkan jenis yang manis dan pahit ke dalam satu hidangan dapat membuat pola makan anak Anda beragam.

Minta si kecil membantu Anda melapisi sayuran dan bahan sehat lainnya seperti kacang-kacangan, biji-bijian, ayam, dan telur dalam stoples Mason. Biarkan anak Anda memilih sayuran mana yang mereka sukai, tetapi doronglah kombinasi sayuran yang pahit dan manis.

Sayuran pahit termasuk kangkung, arugula, kubis Brussel, kubis, dan brokoli. Sedangkan varietas manis termasuk wortel, ubi jalar, labu musim dingin, kacang polong, dan jagung.

14. Yoghurt beku muncul

Banyak es krim dan yogurt yang dikemas dengan tambahan gula serta pewarna dan pemanis buatan. Karena bahan-bahan ini harus dibatasi dalam makanan anak-anak. Pertimbangkan untuk tidak membeli yang dibeli di toko dan minta anak Anda membantu membuat yogurt buatan sendiri yang padat nutrisi.

Resep untuk yogurt beku ini menggunakan yogurt yang mengandung protein dan dimaniskan secara alami dengan buah beku dan sedikit madu.

Anak-anak dapat membantu dengan mengumpulkan bahan-bahannya. Menuangkan pure buah dan yogurt ke dalam kertas cupcake liner, dan memasukkan baki ke dalam freezer Anda.

15. Nachos ubi jalar

Ubi jalar adalah sayuran favorit banyak anak karena rasanya yang enak dan warnanya yang cerah. Mereka juga sangat bergizi, menawarkan banyak beta karoten, serat, dan vitamin C

Untuk membuat nacho padat nutrisi, ganti keripik jagung biasa dengan ubi jalar.

Anak-anak dapat menambahkan topping sehat pilihan mereka, seperti salsa, keju, kacang hitam, dan paprika.