Gairah Ungu: Mengapa Kita Harus Makan Lebih Banyak Buah dan Sayuran Ungu?

Ungu adalah warna raja. Secara historis langka dan mahal untuk diproduksi, kemewahan pewarna ungu telah mempertahankannya selama berabad-abad. Dan, dalam hal diet, makanan ungu layak mendapatkan status kedaulatan yang serupa. Dari buah beri yang mengandung antioksidan hingga sayuran dan kacang-kacangan yang penuh vitamin. Makanan yang tumbuh subur dalam warna ungu alami memberikan pendorong nutrisi yang dicinta tubuh yang tidak ingin Anda lewatkan.

Apakah Biru dan Ungu Beracun?

Terlepas dari hubungan kerajaan dengan warna kulit mereka, satu dari lima dari kami enggan berpesta dengan makanan ungu. Biru dan ungu secara tidak sadar dikaitkan dengan makanan busuk atau beracun. Dengan beberapa penelitian menunjukkan bahwa bahkan melihatnya dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan. Meskipun ini mungkin berlaku lebih untuk makanan biru daripada ungu. (Sangat sedikit makanan yang secara alami berwarna biru dan kadang-kadang dilihat sebagai warna peringatan alam).

Kita seringkali lebih siap untuk menghargai buah merah yang kaya. Atau sayuran berdaun hijau sebagai permata peningkat kesehatan yang layak untuk porsi besar. Namun, Ibu Pertiwi begitu berlimpah dengan buah-buahan berwarna ungu yang lezat. Seperti blueberry, blackberry, buah ara dan damson, serta sayuran ungu seperti bit dan terong berwarna kecubung. Sehingga hampir memalukan untuk menghilangkannya dari menu Anda.

Resveratrol dan Unsur Ajaib Lainnya

Resveratrol adalah salah satu nutrisi penting yang diberikan buah ungu dalam jumlah yang banyak. Senyawa tanaman yang bertindak seperti antioksidan. Resveratrol membantu melindungi tubuh dari kerusakan yang dapat membuat Anda rentan terhadap kondisi seperti kanker dan penyakit jantung. Meskipun beberapa penelitian pada manusia telah dilakukan untuk menawarkan bukti konklusif. Kami dapat yakin bahwa suguhan keunguan seperti minuman anggur merah, anggur merah, dan beberapa jenis beri bermanfaat. Khasiatnya tidak dapat disangkal – kaya akan resveratrol.

Dalam antioksidan lain, makanan ungu benar-benar menang. Antosianin ditemukan dalam buah dan sayuran berwarna merah tua, ungu atau biru dan menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan. Dari pencegahan kanker hingga dukungan tekanan darah, ini adalah salah satu nutrisi perawatan tubuh yang layak Anda dapatkan! Itu juga telah dipuji karena sifat anti-penuaan dan diyakini membantu menunda timbulnya kondisi seperti demensia.

Setiap suguhan berwarna ungu juga menyediakan vitamin dan mineral kompleks bergizi unik yang penting untuk gaya hidup sehat. Blueberry yang lembut dan matte-red, dipuji sebagai salah satu ‘makanan super’ pertama berkat pasokan vitamin C yang luar biasa. Dapat membantu tubuh menyerap zat besi, melindungi dari kerusakan sel. Juga menjadi bagian penting dalam produksi kolagen, komponen utama dalam jaringan tubuh. Tubuh dengan cepat memecah vitamin C. Tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri. Jadi harus mendapatkannya setiap hari dari makanan yang kita makan.

Contoh Suguhan Ungu

Blackcurrant adalah pembangkit tenaga vitamin C berukuran kecil lainnya; mereka mengandung tiga kali jumlah jeruk. Mereka juga, seperti blueberry, sangat kaya akan antosianin. Pasangan nutrisi unik inilah yang memberi mereka rangkaian manfaat kesehatan yang luar biasa; melindungi dari peradangan dan menjaga kesehatan otak hanya menawarkan dua contoh.

Prune, sementara itu, mungkin bukan buah ungu tercantik. Tetapi masih mengandung banyak senyawa sehat. Tinggi serat dan nikmat bebas lemak. Plum merupakan sumber kalium, vitamin A dan zat besi yang luar biasa, mineral yang penting untuk produksi sel darah merah.

Bit memiliki nilai gizi yang luar biasa, terutama sayurannya, yang kaya akan kalsium, zat besi, dan vitamin A dan C. Kita juga harus yakin untuk makan banyak sayuran ungu: mereka padat nutrisi seperti saudara kandung mereka yang lebih manis. Bright, misalnya, merupakan sumber mineral yang baik termasuk folat, besi, mangan, dan kalium dan juga tinggi nitrat. Meskipun dunia kesehatan cenderung mengabaikan senyawa kimia terakhir ini sebagai pengawet daging olahan yang terkait dengan penyakit jantung. Nitrat alami dalam jus bit yang rasanya enak telah terbukti membantu mengurangi tekanan darah.

Terong adalah sayuran kaya warna dan mudah beradaptasi lainnya. Bahan klasik favorit di seluruh dunia seperti moussaka, baba ghanoush dan parmigiana. Favorit berkilau dan mengilap ini. Mereka berasal dari keluarga yang sama dengan tomat (dan sebenarnya adalah buah beri). Tinggi serat, kalium, tembaga, dan magnesium sementara secara alami rendah lemak. Ia juga padat antioksidan, dengan kulit yang sangat kaya akan antioksidan pelindung sel otak bernama nasunin.

Makanan Sehat Mewarnai Hidup Anda

Makan pelangi adalah cara pasti untuk makanan yang tak tertahankan dan nutrisi lengkap. Buah-buahan dan sayuran berwarna ungu yang begitu bersemangat, serbaguna, dan kaya vitamin. Mereka pasti pantas mendapatkan tempat di piring Anda. Cantik dan baik hati: apa yang tidak disukai?